Permohonan Cerai Talak Karena Pertengkaran Terus Menerus

Proses Persidangan Cerai Gugat/ Cerai Talak Di Pengadilan Agama
January 24, 2020
Gugatan Cerai Dan Hak Asuh Anak Agama Katolik
January 28, 2020
Show all

Permohonan Cerai Talak Karena Pertengkaran Terus Menerus

Pertanyaan

Assalamualaikum

Saya ingin konsultasi terkait perceraian, saya telah menikah dengan istri selama 8 tahun dan telah dikaruniai satu orang anak, sejak dua tahun belakangan hubungan saya dan istri tidak harmonis karena sering terjadi pertengkaran, pertengkaran itu disebabkan istri saya merasa kurang atas nafkah yang diberikan dan istri saya bersifat kasar, saat ini saya telah pisah rumah. Walaupun keluarga sudah berupaya mendamaikan, saya tetap ingin bercerai dengan istri saya. Apakah saya bisa mengajukan perceraian dengan alasan tersebut?

Jawaban

Waalaikumussalam wr.wb

Sebelum mengajukan permohonan perceraian ada baiknya Bapak mencoba untuk rukun kembali dengan istri, apabila sudah dilakukan namun tidak membawa hasil dan tetap bertekad untuk tidak mempertahankan maka cukup alasan untuk melakukan perceraian sesuai Pasal 39 ayat (2) Undang-Undang No. 1 tahun 1974, karena perkawinan maka antara suami istri sudah tidak sejalan dengan tujuan perkawinan sebagaimana diatur Pasal 1 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974  tentang Perkawinan,  Perkawinan adalah ikatan lahir batin antara seorang pria dan seorang wanita sebagai suami istri dengan tujuan membentuk keluarga atau rumah tangga yang bahagia dan kekal berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa.

Bapak dapat mengajukan permohonan cerai ke Pengadilan Agama tempat kediaman istri, kecuali apabila istri dengan sengaja meninggalkan tempat kediaman yang ditentukan bersama tanpa izin maka dapat diajukan di Pengadilan Agama tempat kediaman bapak.

Permohonan cerai tersebut dapat diajukan dengan alasan hukum yakni antara suami dan isteri terus menerus terjadi perselisihan dan pertengkaran dan tidak ada harapan akan hidup rukun lagi dalam rumah tangga sebagaimana diatur dalam Pasal 19 hurup f Peraturan Pemerintah Nomor 9 Tahun 1975 juncto pasal 116 huruf f Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 1991 tentang Kompilasi Hukum Islam.

Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Call Now
Whatsapp