Kini Persidangan Dilakukan Secara Online

Eks Dirut PT Garuda Indonesia Didakwa Menerima Suap Dan Pencucian Uang
December 27, 2019
Pendaftaran Perkara Pengadilan Hubungan Industrial (PHI)
December 29, 2019
Show all

Kini Persidangan Dilakukan Secara Online

Ketua Mahkamah Agung YM Prof. DR. H. Muhammad Hatta Ali, S.H., M.H.,  pada tanggal 13 Juli 2018 telah meluncurkan aplikasi e-Court, yang saat ini terdiri dari empat fitur, yakni e-Filing (Pendaftaran Perkara Online di Pengadilan),  e-Payment (Pembayaran Panjar Biaya Perkara Online),  e-Summons (Pemanggilan Pihak secara online), dan e-Litigation (Persidangan secara online). Aplikasi tersebut diberlakukan untuk perkara perdata, perdata agama, tata usaha militer, dan tata usaha Negara.

Advokat dan para pencari keadilan (Non Advokat) dapat melakukan pendaftaran perkara (e-Filing) secara online dengan cara mengirim berkas secara elektronik melalui aplikasi e-Court Mahkamah Agung RI. Pendaftar akan secara otomatis mendapatkan Taksiran Panjar Biaya (e-Skum) dan Nomor Pembayaran (Virtual Account) yang dapat dibayarkan melalui saluran elektronik (Multi Channel) yang tersedia.

Setelah Pendaftar melakukan pembayaran sesuai Taksiran Panjar Biaya (e-Skum), Pengadilan memberikan Nomor Perkara pada hari dan jam kerja, kemudian aplikasi e-Court akan memberikan notifikasi/pemberitahuan bahwa perkara sudah terdaftar di Pengadilan. Panggilan sidang dan Pemberitahuan Putusan disampaikan kepada para pihak melalui saluran elektronik ke alamat email para pihak serta informasi panggilan tersebut bisa dilihat pada aplikasi e-Court.

Aplikasi e-Court mendukung persidangan secara elektornik/online (e-Litigation) sehingga dapat dilakukan pengiriman dokumen persidangan seperti Replik, Duplik, Jawaban dan Kesimpulan secara elektronik. Aplikasi e-Court memuat informasi putusan yaitu tanggal putusan, amar putusan, tanggal minutasi dan salinan putusan elektronik dapat diunduh melalui aplikasi e-Court.

Dengan hadirnya aplikasi e-Court maka dapat memudahkan akses persidangan dan menekan biaya perkara karena persidangan dilakukan secara elektronik/online sehingga asas peradilan yang sederhana, cepat dan biaya ringan dapat terwujud.

Referensi:

  1. Peraturan Mahkamah Agung Nomor 3 Tahun 2018 tentang Administrasi Perkara Di Pengadilan Secara Elektronik
  2. https://ecourt.mahkamahagung.go.id/
  3. https://www.mahkamahagung.go.id/id/berita/3730/ketua-mahkamah-agung-e-litigasi-redesain-praktek-peradilan-indonesia
  4. https://www.mahkamahagung.go.id/id/berita/3087/ketua-mahkamah-agung-luncurkan-aplikasi-e-c0urt

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Call Now
Whatsapp