MA : Mulai 2 Januari Seluruh Masyarakat Bisa Menggunakan e-Litigasi

Pendaftaran Gugatan Sederhana Dapat Dilakukan Secara Online
December 27, 2019
Eks Dirut PT Garuda Indonesia Didakwa Menerima Suap Dan Pencucian Uang
December 27, 2019
Show all

MA : Mulai 2 Januari Seluruh Masyarakat Bisa Menggunakan e-Litigasi

Seperti dilansir dalam berita Mahkamah Agung, Pada tanggal 27 Desember 2019 bertempat di Gedung Tower Mahkamah Agung , Ketua Mahkamah Agung menyampaikan kinerja Mahkamah Agung pada tahun 2019 yang paling utama yakni kebijakan untuk melanjutkan proses modernisasi sistem kerja peradilan dan kesinambungan pembinaan dan pengawasan aparatur pengadilan.

Dalam kelanjutan modernisasi sistem kerja peradilan, Mahkamah Agung telah meluncurkan sistem e-Litigation sebagai pelaksanaan dari Perma Nomor 1 Tahun 2019 tentang Administrasi Perkara dan Persidangan Secara Elektronik. E-Litigation tersebut didukung dengan sistem e-Court sehingga persidangan dapat dilakukan dengan cara pertukaran dokumen, jawab-jinawab, pembuktian, dan putusan secara elektoronik. Ketua Mahkamah Agung telah menginstruksikan agar e-Litigation diterapkan di seluruh pengadilan di Indonesia mulai awal tahun 2020 sehingga masyarakat Indonesia bisa menggunakan e-Litigasi pada tanggal 2 Januari 2020 dikarenakan tanggal 1 Januari adalah hari libur.

Sebelumnya Mahkamah Agung telah meluncurkan Sistem Informasi Administrasi Perkara (SIAP) dan Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) di Pengadilan Tingkat Pertama yang telah terbukti berhasil mendorong transparansi dan peningkatan kinerja penyelesaian perkara. Kemudian pada tanggal 22 April 2019   Mahkamah   Agung   meluncurkan   SIPP   Pengadilan   Tingkat Banding versi 3.2.0 untuk empat lingkungan peradilan, yang kemudian telah  diimplementasikan  sepenuhnya  di seluruh  pengadilan  tingkat banding sejak peringatan  Hari  Jadi Mahkamah Agung ke-74 tanggal 19 Agustus 2019. Dengan pemanfaatan aplikasi ini, pengadilan tingkat banding diharapkan  dapat  berakselerasi  untuk  meningkatkan  kinerja, menyusul capaian Mahkamah Agung dan pengadilan tingkat pertama.

 

Referensi:

https://www.mahkamahagung.go.id/id/berita/3944/mulai-2-januari-2020-seluruh-masyarakat-bisa-menggunakan-e-litigasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Call Now
Whatsapp